Sabtu, 20 April 2013

Makaiii CENDAWAN becahaya di waktu mlm..





Orang yang tidak tahu mungkin pada awalnya menyangka hantu ketika melihatnya. cendawan tertentu, yang tentu saja hidup di tempat-tempat yang lembab, dapat bercahaya dalam kegelapan.


Beberapa jenis cendawan yang tumbuh di hutan tropika Taman  Nasional Lembah Ribeira, dekat Sao Pulo, Brazil bercahaya ketika sekitarnya gelap. cendawan2 tersebut memiliki kemampuan bioluminescent kerana reaksi kimia di dalamnya menghasilkan cahaya berwarna hijau.

cendawan2 yang ditemui di Brazil itu termasuk dalam genus Mycena. Di seluruh dunia terdapat sekitar 500 jenis cendawan yang masuk ke dalam genus ini, tapi hanya 33 persen yang memiliki kemampuan bioluminescent.

Ada lebih dari 10 jenis cendawan bioluminescent yang baru ditemukan di Brazil sejak 2002, empat di antaranya merupakan spesies yang belum diketahui sebelumnya. Temuan ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan Cassius Stevani, profesor kimia dari Universitas Sao Paulo, Dennis Desjardin, profesor ilmu cendawan dari Universitas Negeri San Fransisco California, dan Marina Capelari dari Institut Botani Brazil.





"Penemuan ini telah menambah jumlah cendawan bercahaya, yang diketahui sejak 1970-an, menjadi 30 persen lebih banyak," ujar Stevani.

cendawan Luminescence di Jepun
penjelasan dari fenomena bioluminescent cendawan masih belum dijelaskan secara ilmiah, namun menurut teori, diyakini sebagai respon terhadap kebolehan untuk hidup: untuk bercahaya, menarik serangga yang membantu spores bubar di lingkungan dimana penyebaran oleh angin sangat terbatas.

cendawan Luminescent, hanya tumbuh di hutan dengan banyak pohon, di mana terdapat sangat sedikit manusia.

Fenomena luminescent cendawan yang terjadi antara Mei hingga akhir July hutan di pulau Mesameyama di Ugui di Prefektur Wakayama, namun salinan telah ditemukan di wilayah pantai selatan dari semenanjung Kii di Kyushu dan daerah lain.

Ada jenis lainnya bioluminescent cendawan yang tumbuh di hutan selatan Brazil (Jack-o-Lantern Mushroom), mampu mengeluarkan cahaya sepanjang hari
sumber

1 ulasan:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...